Skip to main content

Scaling Gigi

Apa itu scaling gigi ?? Mungkin istilah ini jarang terdengar. Jadi scaling adalah pembersihan karang gigi yang ada di dalam mulut biasanya dengan menggunakan alat yang dikenal dengan scaler.

Tapi apa yang dimaksud dengan karang gigi? Mungkin istilah karang gigi ini lebih dikenal dibanding dengan scaling tadi. Ga ada salahnya jika saya menyampaikan lagi apa itu karang gigi. Karang gigi atau yg dikenal dengan kalkulus itu merupakan timbunan plak yang telah termineralisasi kemudian menempel dan mengeras pada gigi.

Pada dasarnya gigi mempunyai kemampuan untuk membersihkan melalui air liur, tetapi pada gigi yang sudah banyak sekali karang giginya kemampuan ini akan menurun. Karena kemampuan tersebut menurun, maka bakteri akan lebih mudah menempel pada gigi dan pada akhirnya akan menyebabkan karies gigi. Sehingga untuk mencegah kerusakan pada gigi karena karang gigi tersebut, maka dibutuhkan perawatan tambahan untuk pembersihan gigi. Nah proses pembersihan karang gigi inilah yang disebut dengan scaling.

Pembersihan karang gigi ini jarang dilakukan oleh masyarakat, karena banyak yang beranggapan bahwa dengan sikat gigi 2 kali sehari sudah cukup. Padahal sikat gigi tidak bisa membersihkan karang gigi, karena karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan alat yang biasa dikenal oleh para dokter gigi dengan sebutan scaler.

Selain untuk membersihkan karang gigi, manfaat scaling gigi antara lain adalah: 
  1. Dapat membersihkan partikel/sisa makanan yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi. Misalnya orang yang suka minum teh atau kopi, biasanya partikel teh atau kopi ini kalo sudah lama akan sulit dibersihkan dan menyebabkan perubahan warna pada gigi
  2. Dapat membersihkan gigi bagian belakang yang sulit terjangkau oleh sikat gigi
  3. Dapat membersihkan sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi atau tusuk gigi
scaler
Scaler


Demikian tulisan singkat saya mengenai scaling gigi dan karang gigi.
Terima kasih yang telah meluangkan waktunya untuk sekedar membaca tulisan ini.

Jangan lupa untuk share



Comments

Paling Sering Dibaca